Dasar Java : Field – Sintak Deklarasi Field

Oleh : Reza Ervani

بسم الله الرحمن الرحيم

Sebuah field dideklarasikan menggunakan sintak berikut ini :

    [access_modifier] [static] [final] type name [= initial value] ;

Tanda kurung kotak  [ ] yang ada di beberapa keyword berarti opsi tersebut bersifat opsional. Hanya type dan nama saja yang harus ada.

Pertama, suatu access modifier dapat dideklarasikan pada suatu field. Access modifier menentukan class objek yang mana saja yang dapat mengakses field tersebut. Pada contoh Karyawan diatas, tidak dicantumkan access modifier.

Kedua, sebuah tipe data untuk field mestilah diberikan. Pada contoh Karyawan diatas, tipe data Stringint dan Date yang digunakan

Ketiga, field dapat didekralasikan  static. Suatu field statik berarti bahwa field tersebut hanya dapat diakses oleh metode static . Field statik dimiliki oleh class, bukan instance dari class tersebut. Jadi, semua instance akan melihat nilai field yang sama. Suatu nilai field non-statik dapat berbeda untuk tiap objek (instance dari suatu class).

Keempat, field dapat dideklarasikan final atau bukan. Sebuah field final tidak dapat merubah nilainya. Suatu field final mestilah memiliki nilai awal yang diberikan padanya, dan sekali diset, maka tidak dapat dirubah lagi.

Kelima, field diberikan sebuah nama. Kita dapat memilih namanya dengan bebas, tetapi ada beberapa larangan terkait karakter apa saja yang dapat dikandung oleh nama sebuah field.

Keenam, kita dapat secara opsional mengeset nilai awal untuk field.

Beberapa opsi diatas akan kita bahas secara lebih detail dalam tutorial-tutorial selanjutnya.

About Reza Ervani
Adalah pendiri programming.rezaervani.com -

About Reza Ervani 381 Articles
Adalah pendiri programming.rezaervani.com -

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.