Dasar Java : Loop for

Oleh : Reza Ervani

بسم الله الرحمن الرحيم

Loop for di Java memperkenankan program kita untuk mengulang serangkaian operasi. Sebuah loop for mengulang suatu blok kode sepanjang kondisi tertentu yang ditetapkan terpenuhi (bernilai true). Berikut contoh sederhananya :


for(int i=0; i < 10; i++) {

   System.out.println("I is: " + i);

}

Contoh tersebut adalah standar untuk loop for . Didalam kurung () setelah keyword for , ada tiga statement dipisahkan oleh titik koma (;).

Statement pertama mendeklarasikan suatu variabel int bernama i dan memberikannya nilai  0. Statement ini hanya dieksekusi sekali, saat loop for dimulai.

Statement kedua membandingkan nilai variabel i dengan nilai 10. Jika nilai i lebih kecil dari 10, maka loop for dieksekusi sekali lagi. Statement ini dieksekusi untuk setiap pengulangan pada loop for.

Statement ketiga menambahkan nilai  i. Statement ini juga dieksekusi sekali per putaran pada loop for.

Hasil dari loop for ini jadinya adalah tubuh loop dieksekusi 10 kali. Sekali untuk tiap nilai yang lebih kecil dari 10 (0 s.d. 9).

Kita sebenarnya tidak memerlukan kurung kurawal pada tubuh loop  for . Tapi jika kita tidak mencantumkan kurung kurawal, maka yang akan dieksekusi hanya baris pertama. Berikut contohnya :


for(int i = 0; i < 10; i++)
    System.out.println("i is 1: " + i);  // dieksekusi didalam loop
    System.out.println("second line");   // dieksekusi diluar loop.

About Reza Ervani 387 Articles
Adalah pendiri programming.rezaervani.com -

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.