Dasar Java : Paket di Java

Oleh : Reza Ervani

بسم الله الرحمن الرحيم

Referensi : http://tutorials.jenkov.com/java/packages.html

Paket di Java adalah mekanisme pengelompokan class-class Java yang berhubungan satu sama lain, dalam modul yang sama (paket)

Struktur paket di Java seperti struktur direktori. Ia adalah pohon paket, subpaket, dan class-class yang ada di dalam class-class ini. Pada kenyataannya, paket Java terorganisir sebagai direktori di dalam hard drive kita, atau sebagai direktori di dalam suatu file zip

Berikut contoh struktur paket :

packages-1

Pada puncak gambar tersebut kita dapat melihat direktori yang disebut “src”. Ini adalah akar source-nya. Dia bukanlah paket itu sendiri. Di dalam direktori ini, semua subdirektori adalah paket. Jadi Thus, “collections”, “com”, “concurrency” dll semuanya adalah paket-paket. Paket diilustrasikan dengan icon folder, pada diagram diatas.

Kita dapat melihat class-class yang ada didalamnya. Class diilustrasikan dengan bulatan biru kecil dengan huruf C pada diaggram diatas.

Path penuh untuk beberapa subpaket adalah namanya, dengan seluruh paket induk didepannya, dipisahkan oleh dots. Contoh, path untuk paket naviagasi adalah

com.eclipseprogramming.navigation

Sama halnya, fully qualified name untuk class Java menyertakan nama paketnya. Sebagai contoh, full qualified name untuk class “Page” adalah :

com.eclipseprogramming.navigation.Page
About Reza Ervani 387 Articles
Adalah pendiri programming.rezaervani.com -

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.