Dasar Java : Program Utama Java

Oleh : Reza Ervani

Rujukan : Java Main Program – Jenkov.Com

بسم الله الرحمن الرحيم

Sebuah program Java perlu memulai eksekusinya di suatu tempat. Dia melakukannya didalam sebuah metode statik dari sebuah class. Metode ini mestilah dinamakan main () dan menggunakan array String sebagai parameter. Bahasan tentang Class, Metode dan Parameter dibahas di bagian lain tutorial.

Saat kita memulai sebuah program Java, biasanya kita melakukannya via command line (console). Kita memanggil perintah java yang ada pada JRE dan memberitahukan class Java mana yang harus dieksekusi dan argumen apa yang dilewatkan ke metode main(). Aplikasi Java kemudian dieksekusi didalam JVM (atau oleh JVM). Dapat digambarkan seperti berikut :

main-program

Contoh perintah di command line tampak seperti berikut

    java MyProgram param1 param2 param3

 

Bagian pertama perintah tersebut adalah perintah java . Perintah tersebut memulai JVM. Bagian kedua adalah nama class Java yang akan dieksekusi oleh JVM. Tiga bagian terakhir adalah parameter-parameter program. Argumen-argumen ini adalah apa yang ada di array String pada metode main() saat  main() dieksekusi oleh JVM.

Berikut adalah contoh class Java didalam metode main() yang dapat dieksekusi oleh JVM:

public class MyProgram {

  public static void main(String[] args) {

    System.out.println("Hello World, Java Program");

  }
}

 

Contoh tersebut menunjukkan sebuah class yang disebut MyProgram dengan metode  static yang disebut main(). Metode main() inilah yang dieksekusi saat program dimulai. Apapun kode yang ada di metode main() akan dieksekusi. Berikut adalah contoh statement :

    System.out.println("Hello World, Java Program");

 

Metode main() menggunakan array String‘s sebagai parameter. Parameter-parameter diberikan ke program dari command line saat dieksekusi

About Reza Ervani 387 Articles
Adalah pendiri programming.rezaervani.com -

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.