Dasar Java : Statement if di Java – Operator Kondisional

Oleh : Reza Ervani

بسم الله الرحمن الرحيم

Java memiliki serangkaian operator kondisional yang dapat kita gunakan, dimana hasilnya adalah  true atau false. Mereka adalah :

  • ==
  • !=
  • <
  • <=
  • >
  • >=

Operator == menguji apakah dua nilai bersifat equal satu sama lain. Contohnya :


long var1 = 2;
long var2 = 5;

if(var1 == var2) {
   //...
}

Jika dua variabel tersebut , var1 dan var2, adalah equal, ekspresi var1 == var2 dievaluasi bernilai true. Jika tidak, maka ekspresi tersebut dievaluasi bernilai false.

Operator != melakukan hal yang berlawanan dengan operator  == . Jika dua variabel yang ada tidak equal, maka ekspresi dievaluasi bernilai  true. Jika dua variabel equal, maka ekspresi dievaluasi bernilai false.

Operator < dievaluasi bernilai true, jika variabel di sebelah kiri operator lebih kecil dari variabel yang ada di sebelah kanan operator. Jika variabel di sebelah kiri sama, atau lebih besar, maka ekspresi tersebut dievaluasi bernilai false. Berikut contoh sederhananya :


if(var1 < var2) {
   //...
}

Operator <= bekerja seperti operator  < , hanya saja dia juga dievaluasi bernilai true jika dua variabel equal satu sama lain. Jika tidak maka bernilai False .

Operator > bekerja berlawanan dengan operator  < . Ekspresi operator dievaluasi bernilai true jika variabel pada sisi sebelah kiri operator lebih besar dari variabel yang ada di sebelah kanan operator. Jika tidak maka False . Berikut contoh sederhananya:


if(var1 > var2) {

    >   //...
}

Operator >= bekerja seperti operator  > hanya saja dia juga dievaluasi bernilai true jika dua variabel bersifat equal satu sama lain.

About Reza Ervani 387 Articles
Adalah pendiri programming.rezaervani.com -

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.