Eclipse ADT : SDK Manager

Oleh : Reza Ervani

بسم الله الرحمن الرحيم

SDK Android memisahkan perangkat-perangkat, platform-platform dan komponen-komponen lain ke dalam paket-paket yang dapat kita unduh menggunakan SDK Manager.

Di Eclipse ADT kita dapat melakukan itu dengan memilih Window –> Android SDK Manager seperti tampak pada gambar dibawah ini :

Screenshot from 2014-06-19 11:39:41

Kita dapat memilih paket yang ingin kita install pada jendela berikut :

Screenshot from 2014-06-19 11:40:48

Paket-paket yang direkomendasikan

Berikut beberapa penjelasan singkat tentang paket yang dibutuhkan dan rekomendasi penggunaannya

SDK Tools

Dibutuhkan  – Instalasi SDK kita sudah menggunakan versi terkini. Pastikan untuk selalu up to date

SDK Platform-tools

Dibutuhkan – Kita mesti menginstall paket ini ketika kita menginstall SDK untuk pertama kali

SDK Platform

Dibutuhkan – Kita harus mengunduh setidaknya satu platform ke dalam enviroment kita sehingga kita dapat mengkompail aplikasi kita. Untuk menyediakan user experience terbaik pada perangkat terkini, direkomendasikan untuk menggunakan versi platform terkini sebagai target pengembangan. Meskipun kita  tetap dapat menjalankan aplikasi kita pada versi-versi yang lebih tua, tetapi kita mesti membangun ulang aplikasi itu untuk versi terkini agar dapat menggunakan fitur-fitur baru saat menjalankan aplikasi di perangkat dengan versi android terkini.

Untuk awalan, unduh versi android terkini, plus versi terendah yang anda inginkan untuk didukung oleh aplikasi anda (direkomendasikan Android 2.2 sebagai versi terendah yang digunakan)

System Image

Direkomendasikan – meskipun anda memiliki satu atau lebih perangkat yang menggunakan android untuk menguji aplikasi anda, sepertinya akan sangat sulit bagi kita untuk memiliki seluruh perangkat dengan seluruh versi android yang ingin kita dukung. Adalah praktek yang baik untuk mengunduh system image untuk seluruh versi android yang didukung oleh aplikasi yang kita buat dan mengujinya via emulator Android.

Android Support

Direkomendasikan – menyertakan suatu pustaka statik yang memperkenankan kita menggunakan beberapa API Android terkini (seperti fragment, plus lainnya yang tidak disertakan dalam framework sama sekali) pada perangkat yang menjalankan versi platform setua Android 1.6. Seluruh templat aktivitas yang ada saat membuat suatu proyek baru dengan plugin ADT akan membutuhkannya. Untuk informasi lebih lengkap silahkan baca tentang Support Library

SDK Samples

Direkomendasikan – Contoh-contoh yang disediakan memberikan kita kode sumber yang dapat kita pelajari untuk mengenal Android, memuatnya sebagai sebuah proyek dan menjalankannya atau bahkan menggunakan ulang di dalam aplikasi kita. Catat bahwa banyak paket contoh yang tersedia – masing-masing untuk tiap versi platform Android. Saat kita memilih paket sampel untuk diunduh, pilihlah yang level API-nya cocok dengan level API android yang rencananya kita gunakan.

Tip : Untuk kemudahan akses ke perangkat SDK dari command line, tambahkan lokasi SDK tools/ dan platform-tools/ pada variabel PATH environment di sistem kita.

About Reza Ervani 387 Articles
Adalah pendiri programming.rezaervani.com -

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.