J2EE Fundamental : Model Aplikasi J2EE

Oleh : Reza Ervani

بسم الله الرحمن الرحيم

Referensi : http://docs.oracle.com/javaee/7/tutorial/doc/overview002.htm

Model aplikasi Java EE dimulai dengan bahasa pemrogramman Java dan Java virtual machine. Portabilitas, security dan produktifitas pengembang yang sudah terbukti menyediakan dasar bagi model aplikasi tersebut. Java EE dirancang untuk mendukung aplikasi yang mengimplementasikan layanan enterprise untuk para pelanggan, pegawai, suplier, mitra dan pihak lain yang membuat permintan atau berkontribusi pada perusahaan mereka. Aplikasi yang demikian umumnya bersifat kompleks, berpotensial mengakses data dari berbagai jenis sumber dan mendistribusikan aplikasi ke berbagai klien.

Untuk kontrol dan pengaturan lebih baik pada aplikasi-aplikasi ini, fungsi-fungsi bisnis yang mendukung beragam pengguna dan menyediakannya di middle tier. Middle tier mewakili suatu lingkungan yang secara ketar dikendalikan oleh departemen teknologi informasi perusahaan. Middle tier umumnya dijalankan pada perangkat keras dedicated server dan memiliki akses ke layanan enterprise secara penuh.

Model aplikasi Java EE mendefinisikan sebuah arsitektur untuk mengimplementasikan pelayanan sebagai aplikasi multitier yang mengantarkan skalabilitas, aksesibilitas dan manajebilitas oleh aplikasi level enterprise. Model ini membagi pekerjaan yang dibutuhkan untuk mengimplementasikan layanan multitier ke dalam bagian-bagian berikut

  • Logika bisnis dan presentasi untuk diimplementasikan oleh developer
  • Layanan sistem standar yang disediakan oleh platform java EE

 

About Reza Ervani 387 Articles
Adalah pendiri programming.rezaervani.com -

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.