Java Collection : Pengantar

Oleh : Reza Ervani

بسم الله الرحمن الرحيم

Referensi :

API Java Collection menyedia bagi pengembang Java serangkaian class-class dan interface yang membuat lebih mudah menangani sekumpulan objek. Sepintas rasa cara kerja Collection sedikit seperti array, hanya saja ukurannya dapat berubah secara dinamis, dan mereka lebih memiliki perilaku yang lebih maju daripada array.

Alih-alih harus menulis class-class collection kita sendiri, Java menyediakan class-class collection siap pakai untuk kita gunakan.

Pengantar ini pertama-tama hanya membuka pengetahuan tentang Java Collection. Paparan lebih lengkap tentu saja ada di JavaDoc.

Sebagian besar Java collection ditempatkan di paket java.util package. Java juga memiliki serangkaian concurrent collection di paket  java.util.concurrent . Kita membahas concurrent collection secara terpisah.

Sekilas tentang Java Collection

Bagian pertama tutorial adalah Pengantar tentang Interface

Interface Java Collection Utama

Bagian ketiga dan keempat akan menjelaskan dua interface utama : java.util.Collection dan java.util.Iterable. Sebagai tambahan akan disinggung jga tentang java.util.Map

Java Collections dan Generics

Bagian kelima tutorial adalah bagaimana menggunakan Generic di Java Collection. Generic sangat berguna saat bekerja dengan class-class Java Collection

Java Collections dan Metode equals() serta hashCode()

Bagian terakhir tutorial akan menjelaskan dua metode pada  two java.lang.Object yakni equals() dan hashCode() saat menggunakan Java Collection. Bagian ini penting jika kita berencana menggunakan Java Collection dengan class-class kita sendiri, dan karenanya harus mengimplementasikan  equals() dan hashCode().

Bersambung insya allah (reza@rumahilmu.or.id)

About Reza Ervani 387 Articles
Adalah pendiri programming.rezaervani.com -

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.