Mengenal Eclipse Mylyn

Oleh : Reza Ervani

بسم الله الرحمن الرحيم

Eclipse Mylyn adalah suatu komponen perangkat lunak yang dipaketkan dengan Eclipse. Ide Mylyn adalah menitegrasikan tasks ke Eclipse IDE dan mengkoneksikan keadaan terkini dari Eclipse ID, misalya context dengan task yang ada.

Pengembangan perangkat lunak melakukan beragam aktivitas. Kita menulis kode sumber untuk fungsionalitas baru, memperbaiki bug, menulis dokumentasi, menjawab pertanya, merancang pertemuan dan lain-lain.

Mengembangkan perangkat lunak di Eclipse IDE melibatkan penulisan class-class atau metode baru dan memodifikasi kode yang sudah ada.

Sebagai contoh adalah prosedur perbaikan bug yang bisa saja melibatkan penulisan tes-tes unit, refaktor kode yang sudah, membaca dan mencari kode-kode yang mungkin terlibat dan akhirnya memperbaiki kode yang salah. Jika aktifitas pengembang sepanjang pekerjaan tersebut diinterupsi atau pengembang harus melakukan pekerjaan lain, misalnya suatu bug darurat, dia akan kehilangan “konteks” pekerjaannya yang terdahulu, misalnya class apa saja yang sudah dia buka dan periksan di Eclipse IDE.

Nah, Eclipse Mylyn memperkenankan pengembang untuk merekam aktivitas tersebut. Setiap pekerjaan memiliki suatu “konteks” yang merekam class-class yang terlibat, metode yang terlibat serta posisi kursor pada Java atau teks editor yang sedang dibuka.

Saat berpindah antara task/pekerjaan, konteks yang terkait dimunculkan ulang (restore) dan editor yang menjadi penangan pekerjaan tersebut dibuka dan yang lainnya ditutup.

Mylyn dapat juga memfilter informasi di dalam IDE. Sebagai contoh, tampilan PackageExplorer dapat diset untuk menunjukkan hanya file-file yang berhubungan dengan pekerjaan yang sedang dilakukan

Fungsionalitas ini terdengar sederhana tetapi membantu menemukan informasi yang tepat secara lebih cepat sepanjang pergantian pekerjaan yang dilakukan oleh pengembang.

About Reza Ervani 387 Articles
Adalah pendiri programming.rezaervani.com -

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.