Spring : Manajemen Bean melalui IoC

Oleh : Reza Ervani

بسم الله الرحمن الرحيم

Melalui factory-nya, kontainer IoC Spring me-manage objek-objek yang dikonfigurasi untuk diinstansiasi. Manajemen Spring pada objek-objek kontainer menambahkan fleksibiklitas dan kontrol pada aplikasi kita, dan menyediakan suatu tempat sentral untuk manajemen konfigurasi untuk POJO kita.

Sebagai contoh, melalui IoC Spring kita dapat mengkonfigurasi sejumlah instance komponen – tak peduli apakah komponen tersebut adalah suatu singleton atau bukan – dan menetapkan pada titik apa komponen tersebut dibuat dan dihilangkan dari memori. Di Spring, inisialisasi dari suatu bean oleh framework adalah sama dengan menggunakan keyword new untuk menginstansiasi suatu objek di kode Java. Sekali framework menginstansiasi objek, dia memanaje scope dari bean, berdasarkan konfigurasinya.

Dikarenakan kontainer IoC dimanage oleh bean, JNDI lookup yang umumnya ada di kontainer Java EE tidak lagi dibutuhkan, membuat kode kita menjadi container-agnostic dan lebih mudah untuk pengujian unit didalam dan diluar framework. Dan saat kita mengkoding interface sebagai bagian dari praktika OO yang baik, Spring memperkenankan kita untuk me-manage implementasi apa yang digunakan untuk memberikan dependency injection, yang menghasilkan komponen yang lebih bersih dan bebas.

Kontainer IoC juga dikonfigurasi untuk menerima event callback instansiasi dan destruksi  untuk suatu bean tertentu. Komponen-komponen tertentu seperti suatu pool koneksi database jelas perlu untuk diinisialisasi dan dihancurkan saat aplikasi dimatikan. Alih-alih menggunakan kode kustomisasi kita, Spring dapat memanage event lifecycle seperti ini.

About Reza Ervani
Adalah pendiri programming.rezaervani.com -

About Reza Ervani 380 Articles
Adalah pendiri programming.rezaervani.com -

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.