Spring : Spring & Inversion of Control

Oleh : Reza Ervani

بسم الله الرحمن الرحيم

Ada kebingungan tentang definisi kontainer IoC – beberapa menyamakannya dengan sebuah pola desain yang disebut Dependency Injection – tetapi pada kenyataannya IoC lebih besar daripada dependency injection. Kontainer IoC Spring memaksa dependency injection dalam bentuknya yang beragam dan menerapkan sejumlah pola desain yang ada untuk mencapai hal tersebut.

Ide utama yang melatarbelakangi Inversion of Control sebagai sebuah konsep adalah ketergantungan (dependency) komponen, lifecycle event dan konfigurasi yang bertempat diluar komponen itu sendiri, dalam dalam kasus Spring, berada di dalam framework. Hal ini mungkin sedikit terdengar seakan-akan memberi terlalu banyak kendali, tetapi kenyataannya hal tersebut dapat membuat kode kita lebih dapat termanage, lebih testable dan lebih portable.

Sebelum kita mendiskusikan kontainer Spring IoC secara lebih detail, adalah penting untuk memahami level paling dasar terkait apa itu pola dependency injection dan bagaiman dia muncul dalam metodologi object oriented programming. Framework Inversion of Control Spring didasarkan pada pola praktika terbaik – aspek-aspek dari IoC Spring menyerupai dan menyertakan pola Factory dan Observer, dan fitur yang paling menonjol adalh impelementasi suatu framework yang memaksa menggunakan pola dependency injection.

Bersambung

About Reza Ervani
Adalah pendiri programming.rezaervani.com -

About Reza Ervani 381 Articles
Adalah pendiri programming.rezaervani.com -

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.