useState di React Native

useState di React Native adalah salah satu artikel pengetahuan Dasar React Native

Anda pernah melihat baris kode seperti ini di React Native ?

const [username, setUsername] = useState('');

Baris kode ini merupakan contoh penggunaan “useState” dalam bahasa pemrograman JavaScript, terutama digunakan dalam lingkungan React, sebuah perpustakaan JavaScript yang digunakan untuk membangun antarmuka pengguna (UI) yang interaktif.

Mari kita bahas lebih detail:

  1. const: Ini adalah kata kunci dalam JavaScript yang digunakan untuk mendeklarasikan variabel yang nilainya tidak dapat diubah setelah diberikan nilai awal.
  2. [username, setUsername]: Ini adalah contoh penggunaan array destructuring dalam JavaScript. Dalam konteks ini, kita menggunakan array destructuring untuk mendeklarasikan dua variabel sekaligus: username dan setUsername. Ini berarti bahwa username akan menyimpan nilai saat ini dari data, dan setUsername akan digunakan untuk mengubah nilai username di masa depan.
  3. useState(''): Ini adalah panggilan fungsi useState. useState adalah salah satu dari berbagai hook yang disediakan oleh React. Dalam contoh ini, kita memanggil useState dengan nilai awal berupa string kosong (”). Ini berarti bahwa username akan memiliki nilai awal string kosong.

Jadi, baris kode ini digunakan untuk mendeklarasikan sebuah variabel bernama username yang awalnya memiliki nilai string kosong, dan variabel setUsername yang akan digunakan untuk mengubah nilai username nanti saat diperlukan. Biasanya, ini digunakan dalam komponen React untuk menyimpan dan mengelola data yang berubah sepanjang waktu, seperti data masukan pengguna dalam formulir.

About Reza Ervani 425 Articles
Adalah pendiri programming.rezaervani.com -

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.