Dasar Java : Class di Java

Oleh : Reza Ervani

Rujukan : Jenkov.Com – Java Classes

بسم الله الرحمن الرحيم

 

Sebagaimana yang kita baca di Java main program, eksekusi program Java dimulai di metode main() pada sebuah class. Tetapi class lebih dari sekedar starting point eksekusi pada program Java.

Class-class Java adalah mekanisme yang digunakan untuk mengelompokkan data (variabel-variabel) dan kode Java (metode-metode) bersama-sama ke dalam “modul” yang koheren.

Sebuah class umumnya berisi :

  • Fields
  • Konstruktor
  • Methods

Fields adalah variabel-variabel (data) yang bersifat lokal untuk class, atau instance (objek) dari class. Pembahasan terkait instance ada di bagian tutorial yang berbeda.

Konstruktor adalah metode yang menginisialisasi sebuah instance pada class. Umumnya, sebuah konstruktor adalah serangkaian nilai field yang diberikan didalam instance yang ada.

Methods adalah operasi yang dapat dibuat oleh class atau instance. Sebagai contoh, sebuah method dapat melakukan operasi parameter-parameter input, atau merubah nilai field dan lain-lain

Tidak semua class memiliki fields, konstruktor dan method sekaligus. Terkadang kita hanya memiliki class yang hanya berisi field (data), dan terkadang kita memiliki class yang hanya berisi method (operations). Bergantung pada keperluan class tersebut.

Mendefinisikan Class

Hal yang diperlukan untuk mendefinisikan class di Java adalah :


public class MyClass {

}

Contoh diatas mendefinisikan sebuah class publik bernama MyClass. Class tersebut tidak memiliki fields, konstruktor maupun method

File .java

Definisini class diatas berada di file tersendiri yang disebut <code>MyClass.java</code>. File-file java harus dinamakan sama dengan class yang ada di dalamnya, dengan ekstensi dot java (.java). Pastikan huruf besar dan huruf kecil yang digunakan untuk nama class benar dan persis sama dengan nama file. Hanya ada satu class tunggal dalam setiap file Java, meskipun class yang kita miliki berisi inner class. Bahasan tentang inner class dibahas pada bagian lain tutorial.

Class dengan Fields

Berikut contoh class yang memodelkan sebuah mobil. Classnya bernama Car dan memiliki tiga fields :

public class Car {

public String brand = null;
public String model = null;
public String color = null;

}

Kode diatas mendefinisikan sebuah class bernama Car. Lalu objek Car yang memiliki tiga field. Class ini tidak memiliki metode, hanya deklarasi field. Field dideskripsikan secara lebih detail dalam teks yang ada di field.

Class-class dengan Method

Mari kita tambahkan method ke class Car seperti berikut :

public class Car {

public String brand = null;
public String model = null;
public String color = null;

public void setColor(String newColor) {
this.color = newColor;
}
}

Pada definisi class diatas, kita telah menambahkan metode setColor(). Saat dipanggil, metode ini mengatur variabel warna internal ke nilai baru. Methods dideskripsikan secara lebih detail dalam teks yang ada di method.

Class dan Objek

Sebuah class Java adalah suatu template terkait bagaimana objek dari class itu akan tampak/terlihat. Atau dengan kata lain, class Car di bagian sebelumnya adalah template terkait bagaimana objek Car akan tampak.

Untuk membuat objek-objek dari suatu class tertentu, kita menggunakan keyword new seperti contoh berikut :


Car car1 = new Car();
Car car2 = new Car();
Car car3 = new Car();

car1.setColor("red");
car2.setColor("green");
car3.setColor("blue");

Contoh diatas membuat 3 variabel Car dan menambahkan suatu instance baru ke Car untuk masing-masing variabel. Setiap variabel kini mereferensikan sebuah objek Car. Setelah membuat 3 objek Car, metode setColor() dipanggil untuk masing-masing objek. Kini color (yang diwakili oleh teks) diset secara individual untuk masing-masing objek Car

Membuat suatu objek untuk class tertentu juga disebut dengan istilah “instantiating” suatu objek. Karenanya objek juga disebut suatu “instance” dari class yang ada. Sebagai contoh, setiap objek Car diatas juga disebut instance dari class Car, atau secara singkat disebut “Car instances”

About Reza Ervani 387 Articles
Adalah pendiri programming.rezaervani.com -

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.