Dasar Java : Struktur Program Java

Oleh : Reza Ervani

بسم الله الرحمن الرحيم

Sebagaimana yang kita lihat dalam contoh sebelumnya, sebuah program Java dapat saja berisi banyak class, tapi hanya satu class yang mendefinisikan metode main. Class berisi data member dan metode yang mengoperasikan data member dari class. Metode dapat saja berisi deklarasi tipe data dan statement yang dapat dieksekusi (executable). Untuk menulis suatu program Java, kita dapat saja menggunakan bagian-bagian seperti yang ditunjukkan dalam gambar berikut :

java-program-structure

Bagian Dokumentasi

Bagian ini berisi serangkaian komentar yang dapat saja berisi nama program, penulis dan detail lain tentang program.

Package Statement

Statement pertama yang diperkenankan di file Java adalah statement paket. Statement ini mendeklarasikan nama paket dan menginformasikan ke kompailer bahwa class yang didefinisikan adalah milik paket tersebut. Contoh


package com.eclipseprogramming.latihanjava;

Import Statement

Setelah statement paket, selanjutnya sebelum definisi class kita dapat mencantumkan sejumlah statement import. Contohnya :


import java.lang.*;

Pernyataan ini menginstruksikan kepada interpreter untuk memuat class java.lang yang berisi class-class yang diperlukan untuk merancang bahasa pemrogramman java.

Detail tentang import akan dibahas terpisah.

Interface Statement

Suatu interface adalah seperti suatu class tetapi menyertakan sekelompok deklarasi metode. Ini juga merupakan bagian yang bersifat opsional dan digunakan hanya ketika kita berkeinginan mengimplementasikan sejumlah fitur pewarisan di dalam program.

Lebih detail tentang interface juga akan dibahas dalam bagian terpisah.

Class Definition

Suatu program Java dapat berisi sejumlah definisi class. Class adalah element utama dan esensial dalam program Java. Class-class ini digunakan untuk memetakan objek dari masalah-masalah di dunia sebenarnya. Jumlah class yang digunakan bergantung dari tingkat kompleksitas masalah yang ingin dipecahkan.

Main Method Class

Dikarenakan setiap program stand-alone Java membutuhkan satu metode main/utama sebagai starting point, class ini adalah bagian penting dalam program java. Suatu program java sederhana bisa saja hanya berisi bagian ini. Metode main membuat objek dari berbagai class dan membuat komunikasi antar mereka. Pada saat akhir main, program dihentikan dan kontrol diserahkan kembali ke sistem operasi

About Reza Ervani 387 Articles
Adalah pendiri programming.rezaervani.com -

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.