Java IO : Files

Oleh : Reza Ervani

بسم الله الرحمن الرحيم

File adalah sumber atau tujuan utama data dalam aplikasi Java. Disini kita akan melihat secara singkat tentang cara bekerja dengan file di Java. Teknis detail tidak akan dibahas disini, hanya memberikan gambaran seputar metode akses file yang bisa kita gunakan.

Membaca File via Java IO

Jika kita perlu membaca suatu file dari satu tempat ke tempat yang lain, maka kita dapat menggunakan FileInputStream. Jika kita perlu melompat di dalam file dan hanya membaca bagian tertentu dari file, maka kita dapat menggunakan RandomAccessFile.

Menulis File via Java IO

Jika kita perlu menulis suatu file dari satu tempat ke tempat lain kita dapat menggunakan FileOutputStream. Jika kita perlu melompat satu bagian di file dan menulis di beragam tempat, misalnya di akhir file, kita dapat menggunakan RandomAccessFile.

Akses Acak ke File via Java IO

Kita dapat mendapatkan akses acak ke file via Java IO. Akses acak tidak berarti bahwa kita membaca atau menulis dari satu tempat yang benar-benar acak. Dia hanya berarti bahwa kita dapat melompat dari satu bagian ke bagian lain di file, serta membaca atau menulis dalam satu waktu. Ini membuat kita menjadi mungkin untuk menulis bagian tertentu di file yang sudah ada, atau menimpanya atau menghapus bagian tertentu

Akses Info File dan Direktori

Terkadang kita perlu akses ke informasi tentang suatu file, bukan kontennya. Sebagai contoh kita ingin tahu ukuran file atau atribut suatu file. Hal yang sama juga kadang kita perlukan dari suatu direktori, misalnya kita ingin tahu isi suatu direktori. Baik informasi tentang file dan direktori tersedia via class  File

About Reza Ervani
Adalah pendiri programming.rezaervani.com -

About Reza Ervani 381 Articles
Adalah pendiri programming.rezaervani.com -

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.