Java IO : BufferedReader

Oleh : Reza Ervani

بسم الله الرحمن الرحيم

Class BufferedReader menyediakan buffering untuk Reader‘ yang kita miliki. Buffering dapat sedikit mempercepat IO. Alih-alih membaca satu karakter dalam sau waktu dari jaringan atau disk, kita membaca suatu blok yang lebih besar dalam satu waktu. Hal ini umumnya lebih cepat, terutama untuk akses disk dan jumlah data yang lebih besar.

Perbedaan utama antara BufferedReader dan BufferedInputStream adalah bahwa  Reader‘s bekerja pada karakter (text), sementara InputStream‘s bekerja pada baris bytes.

Untuk menambahkan buffering pada  Reader‘s yang kita miliki, cukup tempatkan mereka pada sebuah BufferedReader seperti contoh berikut :


Reader input = new BufferedReader(
                      new FileReader("/home/rezaervani/Documents/input"));

Kita dapat mengeset ukuran buffer untuk penggunaan internal dengan BufferedReader. Kita berikan ukuran sebagai suatu parameter konstruktor seperti contoh berikut :


Reader input = new BufferedReader(
                          new FileReader("/home/rezaervani/Documents/input"),
                      8 * 1024
    );

Contoh tersebut mengeset internal buffer dengan ukuran 8 KB. Yang terbaik adalah menggunakan ukuran buffer yang merupakan kelipatan dari 1024 bytes. Hal tersebut bekerja lebih baik pada buffering built-in di hard disk dll.

Kecuali dalam hal penambahan buffering ke Reader‘s yang kita miliki, BufferedReader memiliki prilaku yang hampir sama dengan suatu Reader. Dia memiliki satu metode tambahan yakni readLine() . Metode ini dapat membantu jika kita perlu membaca input satu baris dalam satu waktu.

(reza@rumahilmu.or.id)

 

About Reza Ervani
Adalah pendiri programming.rezaervani.com -

About Reza Ervani 381 Articles
Adalah pendiri programming.rezaervani.com -

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.