Java IO : Networking

Oleh : Reza Ervani

بسم الله الرحمن الرحيم

Detail tentang networking di Java sesungguhnya ada di luar cakupan tutorial Java IO kita. Tutorial Java Networking dipaparkan lebih detail di katagori Java Networking Tutorial. Tetapi dikarenakan, koneksi jaringan adalah sebuah sumber atau tujuan data yang umum, dan dikarenakan kita menggunakan API Java IO untuk berkomunikasi via koneksi jaringan, maka artikel ini memberikan pandangan singkat saja tentang Java Networking.

Sekali koneksi jaringan terbangun antara dua proses, proses-proses tersebut berkomunikasi lewat koneksi jaringan sebagaimana halnya yang mereka lakukan dengan file. Menggunakan InputStream untuk membaca data dan  OutputStream untuk menuliskan data. Dengan kata lain, Java IO digunakan untuk melewatkan data untuk dikirimkan ke API Java Networking.

Pada dasarnya ini berarti jika kita memiliki kode yang mampu untuk menulis sesuatu ke sebuah file, maka sesuatu yang sama dapat dengan mudah pula dituliskan ke jaringan. Yang dibutuhkan adalah komponen yang kita miliki tersebut menulis adalah tergantung pada InputStream bukan FileInputStream. Dikarenakan FileInputStream adalah sebuah subclass dari  InputStream maka hal tersebut seharusnya bukan menjadi masalah.

Sama halnya jika kita akan membaca dari suatu file. Sebuah komponen yang mampu membaa data dari file, dapat dengan mudah juga dibuat untuk membaca data yang sama dari suatu koneksi jaringan. Cukup pastikan komponen pembaca kita bergantung pada InputStream untuk membaca data, bukan FileInputStream.

About Reza Ervani
Adalah pendiri programming.rezaervani.com -

About Reza Ervani 381 Articles
Adalah pendiri programming.rezaervani.com -

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.