Java IO : Streams

Oleh : Reza Ervani

بسم الله الرحمن الرحيم

Di Java streams IO adalah aliran data yang dapat kita baca atau kita tulis. Sebagaimana disebutkan dalam tutorial sebelumnya, streams umumnya terkoneksi ke sebuah sumber data, atau tujuan data, seperti sebuah file, koneksi jaringan dan lain-lain.

Sebuah stream tidak memiliki konsep index untuk membaca atau menulis data, seperti yang ada pada array. Tidak pula bisa maju atau mundur, seperti yang dapat kita lakukan di array, atau dalam sebuah file menggunakan RandomAccessFile. Sebuah stream hanya merupakan aliran data yang terus-menerus (continous).

Beberapa implementasi stream seperti PushbackInputStream memperkenankan kita untuk mendorong data kembali/push back ke stream, membaca ulang data kembali. Tetapi kita hanya dapat melakukan push back dalam jumlah data yang terbatas, dan kita tidak dapat melompati data, sebagaimana yang bisa kita lakukan pada suatu array. Data hanya dapat diakses secara berurutan.

Di Java, streams IO umumnya berbasis byte. Ini berarti kita dapat membaca dari byte atau menulis byte ke suatu stream. Jika kita perlu untuk membaca / menulis karakter (seperti Latin1 atau karakter UNICODE), kita sebaiknya menggunakan Reader atau Writer. Keduanya dibahas dalam tutorial tentang Reader dan Writer di Java.

About Reza Ervani 387 Articles
Adalah pendiri programming.rezaervani.com -

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.