Layout Direktori Web App Java

Oleh : Reza Ervani

Rujukan : jenkov.com

بسم الله الرحمن الرحيم

Screenshot from 2014-04-26 17:50:08

Agar web server Java atau kontainer servlet dapat menjalankan aplikasi Java kita, maka kita perlu untuk memaketkan resource di dalamnya (servlet, JSP dll) dalam cara yang telah distandarkan.

Direktori dan file-file sebuah web app haruslah menyertakan :

  • MyWebApp (dir)
    • WEB-INF (dir)
      • web.xml
      • classes (dir)
      • lib (dir)
    • index.jsp

Direktori Root

Direktori Root aplikasi web kita dapat memiliki nama yang kita inginkan. Pada contoh ini direktori root kita bernama MyWebApp.

Dibawah direktori root, kita dapat meletakkan seluruh file yang dapat diakses via aplikasi web. Sebagai contoh, jika aplikasi web kita dipetakan ke URL :

http://mydomain.com/myWebApp/

… maka halaman index.jsp dapat diakses di URL tersebut.

http://mydomain.com/myWebApp/index.jsp    

Jika kita membuat subdirektori apapun dibawah direktori root, dan menempatkan file ini di subdirektori ini, maka file tersebut akan tersedia pada aplikasi web di  subdirectory/file – Sebagai contoh, jika kita membuat subdirektori bernama layout, dan menempatkan file yang bernama  theLayout.jsp, maka kita dapat mengakses file tersebut via URL :

http://mydomain.com/myWebApp/layout/theLayout.jsp

Subdirekrtori WEB-INF adalah pengecualian untuk hal ini sebagaimana yang akan dijelaskan berikut :

The WEB-INF Directory

Direktori WEB-INF berlokasi dibawah direktori root web app. Direktori ini adalah direktori informasi meta. File-file yang disimpan disini tidak ditujukan untuk diakses di browser (meskipun kita dapat mengaksesnya secara internal via kode yang kita buat)

Di dalam direktori WEB-INF ada dua direktori penting classes dan lib, dan satu file penting yakni web.xml

web.xml

File web.xml berisi informasi tentang aplikasi web, yang digunakan oleh web server Java / kontainer servlet untuk secara tepat membuat dan mengeksekusi aplikasi web. Sebagai contoh, web.xml berisi informasi tentang servlet yang mana yang harus dibuat, dan kemana URLnya dipetakan. Kita akan bahas lebih lanjut secara terpisah tentang hal ini.

classes

Direktori classes berisi seluruh class-class Java yang dikompail yang merupakan bagian dari aplikasi web kita. Class-class ini harus ditempatkan di dalam struktur direktori yang sesuai dengan struktur paketnya, seperti jika kita ingin menjalankannya langsung dari command line atau memaketkan mereka ke dalam file JAR

lib

Direktori lib bersisi seluruh file JAR yang digunakan oleh aplikasi web kita. Direktori ini paling sering berisi library pihak ketiga apa saja yang digunakan oleh aplikasi kita. Kita juga dapat menempatkan class-class kita dalam file JAR dan lalu menampatkannya disini, alih-alih meletakkannya di direktori classes

About Reza Ervani 387 Articles
Adalah pendiri programming.rezaervani.com -

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.