Overview Servlet

Oleh : Reza Ervani

Rujukan : jenkov.com

بسم الله الرحمن الرحيم

Servlet Java adalah objek Java yang merespon permintaan HTTP. Dia berjalan didalam sebuah kontainer Servlet. Dapat diilustrasikan sebagai berikut :

overview

Sebuah Servlet adalah bagian dari aplikasi web Java. Sebuah kontainer Servlet dapat menjalankan banyak aplikasi web pada satu waktu yang sama, dimana masing-masing memiliki banyak servlet yang berjalan di dalamnya. Dapat diilustrasikan seperti gambar berikut ini :

overview-2

 

Sebuah aplikasi web Java dapat berisi komponen-komponen lain selain servlet. Dapat juga berisi Java Server Page (JSP), Java Server Faces (JSF) dan Web Services.

HTTP Request dan Response

Browser mengirimkan request/permintaan HTTP ke web server Java. Web server kemudian memeriksa apakah permintaan itu adalah untuk sebuah servlet. Jika iya, kontainer servlet akan meloloskan permintaan tersebut. Kontainer servlet kemudian akan mencari servlet mana yang diminta, lalu mengaktifkan servlet tersebut. Servlet diaktifkan dengan memanggil metode Servlet.service()

Sekali servlet diaktifkan lewat metode service() , servlet tersebut akan memproses permintaan tadi dan menghasilkan (generate) respon (response). Respon ini kemudian akan dikirim kembali ke browser.

Kontainer-kontainer Servlet

Kontainer Servlet Java biasanya berjalan di dalam suatu web server Java. Web server Java yang terkenal dan free adalah :

Picture Courtesy : http://jakob.jenkov.com/

About Reza Ervani
Adalah pendiri programming.rezaervani.com -

About Reza Ervani 381 Articles
Adalah pendiri programming.rezaervani.com -

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.